jasa iklan produk desa

Media Desa

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

600 Rumah Pangan Kita Dari Bulog

By On May 17, 2017


Karebadesa.id - Bulog Siap Buka 600 Rumah Pangan Kita. Perum Bulog Divre Jawa Tengah mengembangkan Rumah Pangan Kita (RPK) untuk menyuplai kebutuhan pangan ke masyarakat.Selain itu, RPK juga dapat menekan harga komoditas utama penyebab inflasi.

Rumah Pangan Kita adalah program kerja sama antara Bulog dan masyarakat. Warga yang menjadi agen RPK akan mendapatkan suplai kebutuhan pangan berupa beras, gula pasir, minyak goreng, dan tepung. Kepala Perum Bulog Divre Jateng Usep Karyana mengatakan, program RPK merupakan salah satu wujud dari upaya Bulog untuk menstabilkan harga pangan dan juga merupakan perwujudan fungsi Bulog untuk menyediakan bahan pangan yang terjangkau.

Pada dasarnya melalui RPK ini Bulog ingin mendekatkan diri ke masyarakat desa.Bulog menargetkan tahun ini mampu membuka 600 agen RPK.“Saat ini pengajuan sudah ada sekitar 149 orang dan yang sudah terealisasi 88 orang,” kata Usep Karyana kemarin.

Menurut Karyana, menjadi agen RPK tidaklah sulit. Masyarakat cukup mengajukan ke Bulog terdekat dengan membawa KTP, KK, serta surat keterangan dari RW setempat. Selain itu, setiap agen juga diwajibkan berbelanja awal Rp5 juta.“Semua orang bisa menjadi agen RPK, tetapi untuk satu RW hanya satu RPK,” ujarnya.

Beberapa komoditas yang disuplai oleh Bulog dan tersedia di RPK di antaranya beras, gula pasir, minyak goreng, dan tepung terigu.“Dengan adanya RPK tersebut, ada ketersediaan komoditas pokok sehingga masyarakat tidak perlu berbondong- bondong ke pasar ketika membutuhkan produk tertentu,” katanya.

Wakil Kepala Bulog Divre Jateng Sopran Kenedy menambahkan, masyarakat yang sudah menjadi agen RPK diwajibkan menjual produk sesuai dengan harga yang sudah ditetapkan oleh Bulog. Jika agen melakukan pelanggaran, kerja sama akan dihentikan, dalam hal ini, Bulog akan menghentikan suplai barang. 

“Tujuan kita kan untuk menstabilkan harga, kalau harga agen RPK, tidak sama dengan harga pasar tentu tidak akan ada dampaknya.Namun, kami pastikan masyarakat yang menjadi agen tetap untung,” tandasnya.


Sumber : Web Resmi BULOG

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »